HMJ PMI Walisongo Gelar Acara Sekolah Pemberdayaan Tahap Awal (SPTA) Online di Tengah Pandemi Covid-19

Semarang – Devisi Manajemen dan Pemberdayaan (MADA) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) UIN Walisongo Semarang menggelar acara Sekolah Pemberdayaan Tahap Awal (SPTA) dengan tema “Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat”. Sabtu (03/10/2020).

Sekolah Pemberdayaan Tahap Awal (SPTA) di hadiri oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang, Ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, ketua badan pengurus lembaga pemberdayaan teknologi pedesaan, Manajer Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Koordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Kendal, Tim HMJ PMI 2020, dan Mahasiswa PMI angkatan 2019 dengan jumlah kurang lebih 66 Mahasiswa melalui Google Meet. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menyiapkan mental calon developer muda yang kompeten dalam bidang pemberdayaan Masyarakat. Acara ini berlangsung selama dua hari dan di awali dengan materi Analisis Sosial kemudian hari kedua diisi dengan materi Teknik Fasilitasi. Materi demikian dipimpin oleh tiga Narasumber yang sangat luar biasa diantaranya yaitu : 

1. Bapak Rahadi Al Paluri sebagai Ketua Badan Pengurus Lembaga Pemberdayaan Teknologi Pedesaan (LPTP)

2. Bapak Zamzaini sebagai Manajer Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)

3. Artanu Damasji sebagai Koordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Kendal

Dalam kesempatan tersebut Beliau mengemukakan Pentingnya Para Mahasiswa PMI selaku calon Developer Muda untuk melakukan analisis sosial agar mampu melakukan Analisis terhadap permasalahan maupun Potensi Sosial di suatu wilayah tertentu, Ujar Bapak Rahadi Al Paluri.

“Kegiatan SPTA ini luar biasa karena mampu melatih cara berpikir mahasiswa untuk menentukan strategi pemberdayaan yang tepat serta melatih cara berfikir untuk menjadi seorang fasilitator yang kompeten”,  Tutur Bapak Artanu Damasji.

“Saya berharap semoga pasca kegiatan SPTA ini mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu Analisis Sosial dan Teknik Fasilitasi yang didapatkan dari kegiatan SPTA ini di tengah Masyarakat”, Tegas Bapak Zamzaini.

Penulis : Nisa A.N

Editor : M. Aziz H

Leave a Reply

Your email address will not be published.