Capaian Pembelajaran Lulusan merupakan kemampuan yang harus dimiliki sesuai dengan profil lulusan. Capaian Pembelajaran merujuk pada KKNI dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023.

KodeDeskripsi CPL
CPL-01Mampu menerapkan konsep- konsep dasar, teori metode pengembangan masyarakat sebagai dasar dalam melakukan analisis, perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi program sosial- keagamaan yang tepat sasaran;
CPL-02Mampu melibatkan individu, keluarga dan masyarakat sebagai pelaku utama dalam merancang berbagai alternatif penyelesaian masalah dalam proses pemberdayaan;
CPL-03Mampu mengelola dan mengembangkan potensi kelembagaan sosial- keagamaan sebagai jejaring perubahan sosial;
CPL-04Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) serta budaya lokal sebagai media dalam pengembangan dan program pemberdayaan masyarakat;
CPL-05Mampu mengkontekstualisasikan konsep, teori, metodologi dan memformulasikannya dalam kerangka kerja pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai;
CPL-06Mampu memahami dan melakukan pendampingan melalui peran-peran fasilitatif untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat;
CPL-07Mampu mengambil keputusan-keputusan berbasis bukti (evidence based policy) dan berbasis riset (research- based policy) dengan memanfaatkan pengetahuan, penguasaan metodologi, dan kapasitas analisis untuk dalam teori-teori keagamaan (religious studies) dan dasar penyuluhan;
CPL-08Mampu membangun konsensus (consensus building) dalam proses pemberdayaan masyarakat;
CPL-09Mampu mengembangkan jejaring kebijakan (policy networking) dalam proses pengambilan keputusan untuk kegiatan penyuluhan;
CPL-10Mampu memberikan arah (visionary leadership) dan menggerakkan sumber daya (collective action) di lingkungannya untuk mewujudkan kepentingan publik dan tujuan-tujuan kolektif yang mengarah pada peningkatan kualitas hidup masyarakat;
CPL-11Mampu berkomunikasi dan bekerjasama secara konstruktif dan kolaboratif dalam pencapaian hasil kerja organisasi dan menghargai hasil kerjasama tersebut.