Capaian Pembelajaran Lulusan merupakan kemampuan yang harus dimiliki sesuai dengan profil lulusan. Capaian Pembelajaran merujuk pada KKNI dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023.
Kode | Deskripsi CPL |
CPL-01 | Mampu menerapkan konsep- konsep dasar, teori metode pengembangan masyarakat sebagai dasar dalam melakukan analisis, perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi program sosial- keagamaan yang tepat sasaran; |
CPL-02 | Mampu melibatkan individu, keluarga dan masyarakat sebagai pelaku utama dalam merancang berbagai alternatif penyelesaian masalah dalam proses pemberdayaan; |
CPL-03 | Mampu mengelola dan mengembangkan potensi kelembagaan sosial- keagamaan sebagai jejaring perubahan sosial; |
CPL-04 | Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) serta budaya lokal sebagai media dalam pengembangan dan program pemberdayaan masyarakat; |
CPL-05 | Mampu mengkontekstualisasikan konsep, teori, metodologi dan memformulasikannya dalam kerangka kerja pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai; |
CPL-06 | Mampu memahami dan melakukan pendampingan melalui peran-peran fasilitatif untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat; |
CPL-07 | Mampu mengambil keputusan-keputusan berbasis bukti (evidence based policy) dan berbasis riset (research- based policy) dengan memanfaatkan pengetahuan, penguasaan metodologi, dan kapasitas analisis untuk dalam teori-teori keagamaan (religious studies) dan dasar penyuluhan; |
CPL-08 | Mampu membangun konsensus (consensus building) dalam proses pemberdayaan masyarakat; |
CPL-09 | Mampu mengembangkan jejaring kebijakan (policy networking) dalam proses pengambilan keputusan untuk kegiatan penyuluhan; |
CPL-10 | Mampu memberikan arah (visionary leadership) dan menggerakkan sumber daya (collective action) di lingkungannya untuk mewujudkan kepentingan publik dan tujuan-tujuan kolektif yang mengarah pada peningkatan kualitas hidup masyarakat; |
CPL-11 | Mampu berkomunikasi dan bekerjasama secara konstruktif dan kolaboratif dalam pencapaian hasil kerja organisasi dan menghargai hasil kerjasama tersebut. |