Gandeng HMJ PMI, Laboratorium Dakwah Divisi PMI Adakan Pelatihan Hidroponik Guna Tingkatkan Skill Pemberdayaan

Semarang – Laboratorium Dakwah Divisi Pengembangan Masyarakat Islam, mengadakan Pelatihan Hidroponik bertempat di Laboratorium Dakwah (Labda) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang Sabtu, (21/08/2021).

Dengan mengusung tema “Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam, melalui Keterampilan Budidaya Hidroponik”, Acara yang di buka oleh Wakil Dekan II FDK Dr. Safrodin, M.Ag ini, menghadirkan dua pemateri yaitu Diah Oktaviana (Owner Tunas Hidroponic) dan Harjanti setyorini (Sekretaris Komunitas Hidroponik Jateng).

Dalam sambutannya, Safrodin selaku Wakil Dekan II menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat relevan di UIN Walisongo.

“Kegiatan pelatihan hidroponik ini saya rasa sangat relevan di UIN Walisongo sesuai dengan kata pak rektor” tuturnya.

Safrodin menambahkan, dengan adanya acara pelatihan ini, ia berharap nanti bisa memajukan jurusan PMI, apalagi fakultas sudah dilengkapi laboratorium yang menunjang kegiatan mahasiswa.

“Saya berharap dengan diadakannya acara pelatihan hidroponik ini, semoga lebih bisa memajukan jurusan PMI, apalagi sekarang laboratorium FDK sudah sangat menunjang untuk kegiatan praktik mahasiswa” tambahnya.

Suprihatiningsih, Dosen sekaligus ketua Divisi Pengembangan Masyarakat Islam juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari praktik mata kuliah metode pemberdayaan masyarakat dalam jurusan PMI.

“Saya rasa ini merupakan wujud dari kegiatan praktik mata kuliah metode pemberdayaan masyarakat di dalam jurusan PMI” tuturnya.

Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan ini juga akan menambah skill mahasiswa untuk mendampingi masyarakat kota dengan lahan yang sempit.

“Kegiatan hidroponik ini saya rasa akan sangat membantu menambahkan skill sebagai pemberdaya masyarakat untuk mendampingi masyarakat yang berada di kota dengan lahan yang sempit” tambahnya.

Ketua HMJ PMI, Aziz Husein juga menyampaikan kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh laboratorium dakwah Divisi PMI yang bekerjasama dengan HMJ PMI.

“Sebenarnya kegiatan ini, merupakan kegiatan pelatihan hidroponik yg diselenggarakan oleh Laboratorium Dakwah Divisi PMI yang menjalin kerjasama dengan HMJ PMI” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa sebelumnya pernah dilakukan kegiatan seperti ini namun belum ada follow up kembali oleh mahasiswa karena SDM yang terbatas.

“Sebelumnya memang pernah dilakukan kegiatan seperti ini, akan tetapi belum ada follow up kembali oleh mahasiswa, dikarenakan memang keterbatasan SDM dan kurangnya pemahaman mahasiswa dalam penanaman hidroponik” tambahnya.

Aziz berharap kegiatan ini akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.

“Setelah mengikuti kegiatan ini saya sangat berharap mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan lahan kosong dan sempit sebagai sumber pangan dan ekonomi melalui hidroponik” harapnya.

Fajar Ardiansyah, mahasiswa Jurusan PMI yang merupakan peserta pelatihan menyampaikan perasaan yang senang dengan adanya kegiatan pelatihan hidroponik ini karena sangat edukatif.

“Perasaan saya sangat Senang mengingat Kegiatan ini sangat positif khususnya Bagi mahasiswa jurusan PMI, kegiatannya tadi sangat mengedukasi meskipun ada beberapa sesi yang tidak semuanya dijelaskan secara rinci seperti bagian kandungan cairan nutrisi” ujarnya.

Ia berharap kegiatan seperti ini bisa terus digencarkan kepada mahasiswa jurusan PMI.

“Harapan saya Kegiatan ini bisa terus digencarkan Kepada seluruh mahasiswa PMI baik pengecekan berskala, maupun hal yang mdngedukasi mengenai seputar Hidroponik yang bisa menambah wawasan kita” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.