Kolaborasi PMI UIN Walisongo dan PMI UIN Sunan Ampel dalam Kuliah Tamu Online tentang Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana

PMI UIN Walisongo Semarang Kolaborasi dengan PMI UIN Sunan Ampel Surabaya dalam acara Kuliah Tamu Online PMI bertema “Pemberdayaan Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana”.

Semarang – Indonesia merupakan salah satu wilayah yang rawan terjadi bencana alam. Terdapat banyak kerentanan yang terjadi diberbagai zona atau titik lokasi tertentu yang ada di indonesia salah satunya di wilayah jawa itu sendiri. Oleh karena itu perlu adanya aksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi untuk melakukan sebuah gerakan penanggulangan bencana dengan saling berbagi pengalaman, solusi dan upaya yang dapat diterima. Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya menggelar webinar Kuliah Tamu Online dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana”, Sabtu (12/6/2020).

Sejumlah narasumber yang mengisi acara Kuliah Tamu Online salah satunya yaitu Nur Hamid, M.Sc selaku dosen PMI UIN Walisongo Semarang, sekaligus Editor in Chief International Journal of Social Learning (IJSL) dan Prosperity : Journal of Society and Empowerment, untuk menyampaikan topik utama pembahasan tentang Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dalam Penanggulangan Bencana Alam.

Dalam Kuliah Tamu Online PMI, Vera Arida, M.Sc selaku Dosen Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menjadi moderator yang memimpin kegiatan Kuliah Tamu Online tersebut. Turut hadir para narasumber lainnya yang mengisi kegiatan Kuliah Tamu Online PMI UIN Sunan Ampel yaitu Heni Masruroh, M.Sc selaku Dosen Geografi Universitas Negeri Malang, Aslichatul Insiyah, M.Pd selaku Koordinator Bidang Kemitraan Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Provinsi Jawa Timur, Pratiwi Nurhabibi, S.Sos., M.Sc selaku Dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang.

Diskusi dibuka oleh Ketua Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) UIN Sunan Ampel (UINSA), Dr. Ries Dyah Fitriyah, M.Si. Beliau menyampaikan harapan agar seluruh perguruan tinggi prodi Pengembangan Masyarakat Islam mampu berkolaborasi untuk melakukan aksi penanggulangan bencana. ” Termasuk menggagas ide pemberdayaan masyarakat dalam mengurangi kerentanan bencana” Ujarnya.

Penyelenggaran kegiatan tersebut dilaksanakan secara online melalui aplikasi video conference Zoom sekaligus disiarkan secara langsung melalui Youtube dan Facebook. Diskusi tersebut berlangsung secara masif dimulai pukul 09.00 s/d 13.00 WIB. Dalam diskusi ini berbeda dengan diskusi lainnya karena setiap narasumber selesai menjelaskan materi audiens langsung memberikan pertanyaan dan dijawab pada saat itu juga sehingga diskusi berjalan secara aktif dan kondusif. Peserta yang antusias turut hadir dalam kegiatan tersebut mencapai 250 peserta dari berbagai universitas yang terdiri dari para mahasiswa PMI UIN Sunan Ampel Surabaya, Mahasiswa PMI UIN Walisongo Semarang, para dosen, relawan, akdemisi, dan praktisi bidang kebencanaan. “Semoga dalam Kuliah Tamu Online PMI yang didakan oleh Prodi PMI UIN Sunan Ampel ini seluruh materi yang sudah di paparkan oleh pembicara yang sangat luar biasa mampu diaplikasikan dan materi yang sudah disampaikan dapat menjadi bekal bagi kita semua untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan bencana alam”, tutup Vera Arida selaku moderator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.